DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL……………………………………………………....i PERSETUJUAN PEMBIMBING TESIS..…………………………........ii PENGESAHAN TIM PENGUJI TESIS….………………………………iii PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN TESIS ……………………………. iv MOTTO ……..………………………………………………………………v HALAMAN PERSEMBAHAN …………………………………………….vi ABSTRAK …….……………………………...………………...……………vii KATA PENGANTAR .…….…………...………………………………........viii DAFTAR ISI ……..………..….………………………………………..…...ix DAFTAR TABEL…….……………………………………………………...xi DAFTAR GAMBAR …….…………………………………………………xii DAFTAR TRANSLITERASI …….………………………………………….xiii BAB I: PENDAHULUAN Latar Belakang …………………………………………………1 Identifikasi Masalah ……………………………………………4 Rumusan Masalah ………………………………………………4 Tujuan Penelitian ………………………………………………5 Manfaat Penelitian ……….……………………………………..5 Definisi Konsep …………………………………………………6 Penelitian Terdahulu…………………………………………….10 BAB II: KAJIAN PUSTAKA Konsep Dasar Pendidikan Holistik ………………………….....13 Pengertian Pendidikan Holistik …………………….……….13 Manfaat Pendidikan Holistik ..…………………..…………..17 Prinsip-Prinsip Pendidikan Holistik ..……………………….17 Dimensi Pendidikan Holistik ..…………………..………….19 Karakteristik Pendidikan Holistik ..…………………..……..19 Konsep Dasar Pengembangan Potensi Santri ….………………21 Definisi Potensi Santri ..…….…………………………...….21 Pengembangan Potensi Santri (Keterampilan) ….….….…...22 Pengembangan Potensi Santri (Akademik) ……........……...33 Deskripsi Pendidikan Holistik Dalam Mengembangkan Potensi Santri ….….….….….….….….….….….….….….…...38 BAB III: METODE PENELITIAN Pendekatan Dan Jenis Penelitian ………………………………40 Tahap-Tahap Penelitian ………………………………………..41 Instrumen Penelitian …………………………………………...43 Sumber Data …………………………………………………...44 Teknik Pengumpulan Data ..……………………………………45 Analisis Data ..……………………………………….….….…..50 Pengecekan Keabsahan Data ..………………………………….52 BAB IV: HASIL PENELITIAN Paparan Data …………………………………………………...55 Pembahasan …………………………………………………....72 BAB V: PENUTUP Kesimpulan ….…………………………………………………89 Saran ….………………………………………………………..91 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN