IMPLEMENTASI MNEMONIC LEARNING DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN METODE HANIFIDA (Studi Kasus Di Pesantren Super Camp La-Raiba Hanifida Jombang)

THAHIR, LALU MUHAMMAD BAEHAQI (2023) IMPLEMENTASI MNEMONIC LEARNING DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN METODE HANIFIDA (Studi Kasus Di Pesantren Super Camp La-Raiba Hanifida Jombang). Masters thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON.

[thumbnail of ABSTRAK.docx] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[thumbnail of BAB I.doc] Text
BAB I.doc

Download (140kB)
[thumbnail of BAB II rev..doc] Text
BAB II rev..doc

Download (240kB)
[thumbnail of BAB III.doc] Text
BAB III.doc

Download (108kB)
[thumbnail of BAB IV.doc] Text
BAB IV.doc

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.doc] Text
BAB V.doc

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK

Lalu Muhamad Baehaqi Thahir, 2017 Implementasi Mnemonic Learning Dalam Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Hanifida, suatu studi kasus di Pondok Pesantren Super Camp La Raiba Hanifida Jombang, Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, Pembimbing, Dr. H. Hasan Baharun, M.Pd

Kata Kunci: Implementasi, Mnemonic Learning, Menghafal

Untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan dengan hasil yang maksimal maka dibutuhkan sebuah metode atau cara untuk sampai pada tujuan tersebut, karena bila cara telah salah maka tentunya tujuan akan sulit tercapai. Pemakaian sebuah metode yang tepat akan berimplikasi pada kualitas dan efektifitas sebuah proses pembelajaran.
Penelitian bertujuan untuk 1) Mengetahui pembelajaran al-Qur’an di Pesantren Supercamp Hanifida. 2) Mengetahui pengimplementasian metode mnemonic di Pesantren Supercamp Hanifida. 3) Mengetahui hasil penerapan metode mnemonic di Pesantren Supercamp Hanifida
Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di Pesantren Supercamp Hanifida
Temuan peneliti menunjukkan bahwa 1) pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren Supercamp La Raiba Hanifida dapat dikatakan sangat berkualitas dengan menggunakan metode pembelajaran Mnemonic Learning yang telah dipadu dengan beberapa strategi pembelajaran lainnya sebagai penunjang. 2) Ada lima strategi Mnemonic Learning yang diimplementasikan di Pesantren Supercamp Hanifida, yakni metode Metode Angka dan Bentuk, Metode Perumpamaan ( Visual Imagery ), Metode Cerita ( Narrative Technique), Metode Kata Berkait ( Link Word ), Metode loci.
Hasil penerapan Mnemonic learning di Pesantren Supercamp Hanifida terlihat dari beberapa dampak yang ada, yakni; dampak terhadap Antusiasme peserta didik, mereka terlihat selalu bersemangat dengan metode yang bervariasi dihanifida, kemuidan dampak terhadap Karakter peserta didik, semuanya telihat santun, ramah dan mandiri. Dan yang terakhir dampak terhadap Daya ingat yang semakin baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lilip SP3
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:36
Last Modified: 29 Nov 2023 02:36
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item View Item