PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING (FENOMENOLOGI DI ASRAMA MANJ PK PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO)

AGUS SALIM, MOCHAMMAD (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING (FENOMENOLOGI DI ASRAMA MANJ PK PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO). Masters thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON.

[thumbnail of ABSTRAK.rtf] Text
ABSTRAK.rtf

Download (51kB)
[thumbnail of BAB I.doc] Text
BAB I.doc

Download (93kB)
[thumbnail of BAB II.doc] Text
BAB II.doc

Download (100kB)
[thumbnail of BAB III.doc] Text
BAB III.doc

Download (81kB)
[thumbnail of BAB IV Mochammad Agus Salim (Refleksi Teoritis).doc] Text
BAB IV Mochammad Agus Salim (Refleksi Teoritis).doc

Download (218kB)
[thumbnail of BAB V.doc] Text
BAB V.doc

Download (60kB)

Abstract

ABSTRAK

Agus Salim, Mochammad. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning (Fenomenologi di Asrama MANJ PK Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo). Tesis. Program Pascasarjana, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Pembimbing; Dr. Fazlul Rahman, Lc, MA. Hum.

Key word : Pengembangan, Model Pembelajaran Terpadu, Kitab Kuning.

Model pembelajaran terpadu menekankan terhadap pembelajaran aktif yang berhubungan dengan nilai (value) sehingga memungkinkan siswa baik secara individu meupun kelompok secara aktif menggali, mencari, dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip holistic, bermakna dan otentik dengan memperoleh pembelajaran yang bermakna.
Mengingat pentingnya pengembangan model pembelajaran terpadu, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ; 1) Bagaimana model pembelajaran terpadu yang ideal dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di asrama MANJ PK Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan; observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis datanya dilakukan dengan reduksi data, data display (penyajian data), dan verifikasi data.
Hasil penelitian selama di lapangan sebagai berikut ; 1) Realitas model pembelajaran terpadu di Asrama MANJ PK ; a) penggalian tema, b) pembelajaran bermakna, c) belajar melalui pengalaman langsung, d) lebih memperhatikan proses daripada hasil. 2) Kemampuan membaca kitab kuning ; a) kemampuan dalam memahami ilmu alat, b) kemampuan membaca dan memahami kitab kuning. 3) Pengembangan model pembelajaran terpadu dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning ; a) identifikasi masalah pembelajaran, b) analisis siswa, c) analisis tugas, d) merumuskan indikator, e) penyusunan instrumen evaluasi, f) strategi pembelajaran, g) pemilihan media atau sumber pembelajaran, h) pelayanan pendukung, i) evaluasi formatif, j) evaluasi sumatif, k) revisi perangkat pembelajaran. 4) Refleksi teoritis model pembelajaran terpadu dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning ; a) identifikasi tujuan pembelajaran, b) melakukan analisis instruksional, c) mengidentifikasi tingkah laku awal/karakteristik siswa, d) merumuskan tujuan kinerja, e) pengembangan tes acuan patokan, f) pengembangan strategi pengajaran, g) pengemabangan atau memilih pengajaran, h) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, i) menulis perangkat, j) revisi pengajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lilip SP3
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:40
Last Modified: 29 Nov 2023 02:40
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item