ABDULLAH (2023) PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MTSN 1 PROBOLINGGO DAN MTS AZZAINIYAH II KARANGANYAR PAITON KAB. PROBOLINGGO. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Nurul Jadid.
Text (Tesis)
139.pdf Download (133MB) |
Abstract
Kedisiplinan belajar adalah hal-hal yang berkaitan dengan sikap yang
menunjukkan kesedian untuk menepati atau mematuhi dan mendukung ketentuan,
tatatertib , peraturan, nilai ,serta kaidah yang berlaku, dalam berlatih dan menuntut
ilmu dalam belajar namun kenyataanya pendidikan kita saat ini tidak sepenuhnya
dapat memenuhi harapan masyarakat. tidak jarang terjadi berbagai problem
pendidikan dimana terdapat siswa yang melanggar peraturan sekolah, karena
kemorosatan belajar tersebut, disebabkan oleh kurang tertananmnya disiplin
belajar siswa. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi dan memberi dampak
negatif kegiatan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penerapan metode pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode
Pengumpulan Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. data yang dihasilkan selanjutnya peneliti analisis menggunakan
tiga tahapan yakni reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk
pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan ketekunan penelitian,
perpanjangan keikut sertaan, diskusi dan triangulasi. Triangulasi yang di gunakan
adalah triangulasi sumber, metode dan teori.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat penulis temukan bahwa: 1. bentuk
penerapan metode pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di
dua lembaga pendidikan Yakni dengan, a). peraturan, b). hukuman, c). memberi
hadiah, d). konsistensi dan e). keteladanan. Faktor penghambat dan pendukung
penerapan metode pembiasaan dalam meninggkatkan disiplin belajar siswa: 2. a.
faktor penghambat terdiri dari: 1). kurangnya kesadaran dalam diri siswa dan
pemahaman siswa tentang pentingnya disiplin belajar, 2). kurangnya
dukungan dan peran dari orang tua maupun keluarganya. 3). pergaulan siswa.
b. Dan adapun faktor pendukung terdri dari yakni. 1) Guru, 2) hukuman. 3. hasil
pencapaian penerapan metode pembiasaan dalam Meningkatkan kedisiplinan
belajar Siswa yakni. a). siswa sudah terbiasa hadir pada waktu jam pelajaran yang
diterapkan selambat- lambatnya 15 menit sebelum waktu belajar dimulai, b)
mengerjakan tugas, c) tidak ribut dalam kelas, d) memperhatikan guru saat
mengajar, e) siswa mengumpulkan PR tepat waktu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | herman raden |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:43 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 02:43 |
URI: | https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/1740 |
Actions (login required)
View Item |