PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ONLINE FLIPPED CLASSROOM DAN SELF REGULATIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMP BHAKTI PERTIWI PAITON DAN SMP NURUL JADID PAITON

NURUL FAIZAH (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ONLINE FLIPPED CLASSROOM DAN SELF REGULATIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMP BHAKTI PERTIWI PAITON DAN SMP NURUL JADID PAITON. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Nurul Jadid.

[thumbnail of Tesis] Text (Tesis)
222.pdf

Download (225MB)

Abstract

Strategi pembelajaran online flipped classroom ialah pembelajaran
terbalik dengan memanfaatkan tekonologi dan media online yang dilakukan
melalui langkah-langkah pokok yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Strategi pembelajaran ini sangat tepat digunakan dalam materi pembelajaran PAI
untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI siswa. Karena Pada era
revolusi digital memiliki pengaruh penting dalam bidang pendidikan. Oleh karena
itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
online flipped classroom dan self regulatif terhadap motivasi dan hasil belajar PAI
siswa.
Penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi pretest-posttest non
equivalent control group design versi faktorial 2x3. Subjek penelitian melibatkan
108 siswa kelas VII SMP Bhakti Pertiwi sebagai kelas eksperimen dan kelas VII
SMP Nurul Jadid sebagai kelas kontrol. Untuk mengumpulkan data menggunakan
beberapa metode antara lain adalah angket dan soal-soal pada mata pelajaran PAI.
Data hasil penelitian dianalisis dengan t-test for Equality of Means dan
Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan bantuan SPSS 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi
belajar yang signifikan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran
online flipped classroom dan siswa yang belajar menggunakan strategi
pembelajaran flipped classroom, (2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa
yang memiliki self regulatif berbeda, (3) terdapat interaksi siswa yang belajar
menggunakan strategi pembelajaran online flipped classroom dan self regulatif
terhadap motivasi belajar siswa, (4) terdapat perbedaan hasil belajar yang
signifikan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran online flipped
classroom dan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran flipped
classroom, (5) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki self regulatif
berbeda, (6) terdapat interaksi antara siswa yang belajar menggunakan strategi
pembelajaran online flipped classroom dan self regulatif terhadap hasil belajar
siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan guru mengimplementasikan
strategi pembelajaran online flipped classroom untuk meningkatkan motivasi
belajar dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: herman raden
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:42
Last Modified: 29 Aug 2024 02:42
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/1743

Actions (login required)

View Item View Item