KEPEMIMPINAN KARISMATIK KIAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERFORMA GURU PONDOK PESANTREN NURUL QADIM DAN PONDOK PESANTREN ROFI’ATUL ISLAM PROBOLINGGO

TARIMAN (2023) KEPEMIMPINAN KARISMATIK KIAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERFORMA GURU PONDOK PESANTREN NURUL QADIM DAN PONDOK PESANTREN ROFI’ATUL ISLAM PROBOLINGGO. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Nurul Jadid.

[thumbnail of Tesis] Text (Tesis)
tariman 112.pdf

Download (133MB)

Abstract

Kepemimpinan kharismatik kiai dalam meningkatkan kualitas performa
guru di pondok pesantren Nurul Qadim Kalikajar Paiton Probolinggo dan Pondok
Pesantren Rofi’atul Islam Krejingan Probolinggo. Kepemimpinan kharismatik
didefinisikan sebagai kemampuan seorang kiai untuk menginspirasi,
mempengaruhi, dan memotivasi para guru dengan daya tarik kepribadian yang
kuat dan pengaruh spiritual yang mendalam. Tujuan artikel ini adalah untuk
menjelaskan bagaimana kepemimpinan kharismatik kiai dapat mempengaruhi
motivasi, komitmen, dan kinerja guru di pondok pesantren.Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan mewawancarai kiai, guru, dan
pengurus pondok pesantren sebagai responden utama. Data yang dikumpulkan
kemudian dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola dan temuan yang
muncul sehubungan dengan kepemimpinan kharismatik kiai dan dampaknya
terhadap performa guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan
kharismatik kiai memiliki dampak positif pada kualitas performa guru di pondok
pesantren. Para guru merasa terinspirasi oleh kepribadian dan pengaruh spiritual
kiai, yang mendorong mereka untuk bekerja dengan lebih antusias, berdedikasi,
dan berkualitas. Kiai yang kharismatik juga mampu menciptakan lingkungan kerja
yang positif, saling percaya, dan penuh semangat, yang pada gilirannya
memotivasi guru untuk memberikan kontribusi maksimal dalam mengajar dan
mendidik para santri.Ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas
kepemimpinan kharismatik kiai, termasuk kepercayaan, integritas, komunikasi
yang efektif, dan kemampuan mengartikulasikan visi dan nilai-nilai pondok

v

pesantren. Selain itu, tesis ini menyoroti pentingnya dukungan dan kerjasama
antara kiai dan guru untuk mencapai hasil yang optimal.Penelitian ini juga
memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran kepemimpinan
kharismatik kiai dalam meningkatkan kualitas performa guru di pondok pesantren.
Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan
kepemimpinan kharismatik kiai melalui pelatihan dan pendidikan yang tepat.
Dengan meningkatkan kepemimpinan kharismatik kiai, diharapkan dapat
meningkatkan motivasi, komitmen, dan kualitas kerja guru, yang pada akhirnya
akan berdampak positif pada pendidikan di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: herman raden
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:42
Last Modified: 29 Aug 2024 02:42
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item