MOH. SAIFUL GHAZI HR. (2023) STRATEGY OF INTERNAL ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS REALIZING THE PROFILE OF FAITHING PANCASILA STUDENTS REPLY TO THE ALMIGHTY AND MIGHTY GOD NOBLE IN CLASS VII AT SMP NEGERI 1 PAITON AND SMP NURUL HASYIMI RANDUTATAH PAITON PROBOLINGGO. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Nurul Jadid.
Text (Tesis)
ghazi 165.pdf Download (193MB) |
Abstract
Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5), khususnya pada
dimensi beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
belum sepenuhnya optimal dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Dan
penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar Pancasila bagi guru termasuk
di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sangatlah penting dilakukan, karena
anak-anak saat ini hidup pada zaman digitalisasi dan bahkan jika kita sudah
semakin banyak terjadi degradasi nilai-nilai karakter peserta didik.
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: (1)Memahami dan
menganalisis strategi guru PAI dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
Beriman Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia pada
Kelas VII di SMPN 1 Paiton dan SMP Nurul Hasyimi Randutatah (2) Memahami
dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam mewujudkan Profil
Pelajar Pancasila Beriman Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
Berakhlak Mulia pada Kelas VII di SMPN 1 Paiton dan SMP Nurul Hasyimi
Randutatah Paiton Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini bahwa Strategi Guru PAI dalam mewujudkan Profil Pelajar
Pancasila Beriman Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia
pada Kelas VII di SMPN 1 Paiton dan SMP Nurul Hasyimi Randutatah Paiton
Probolinggo antara lain : 1)Pelatihan dan Peningkatan Pemahaman Guru PAI
yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran PAI Kab.
Probolinggo; 2)Pembentukan Tim Kerja; 3)Melaksanakan kegiatan intrakurikuler
dan kokurikuler. Sedangkan faktor pendukungnya, yakni: 1)Penyediaan bahan
ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi lokal; 2) Adanya evaluasi dan
perbaikan secara terus-menerus; 3)Tersedianya aplikasi atau website Platform
Merdeka Mengajar (PMM). Dan Faktor Penghambatnya, diantaranya :
1)Kurangnya pemahaman dan dukungan dari para guru; 2)Belum adanya sarana
dan prasarana yang memadai.; 3)Manajemen waktu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | herman raden |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:41 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 02:41 |
URI: | https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/1751 |
Actions (login required)
View Item |