Fitriyatul Hasanah (2023) TIPOLOGI KOMUNIKASI EDUKATIF GURU DAN SISWA BERBASIS QAULAN (STUDI MULTISITUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I PROBOLINGGO DAN MADRASAH ALIYAH NURUL JADID). Masters thesis, Pascasarjana Universitas Nurul Jadid.
Text (Tesis)
fitriyatul 144.pdf Download (174MB) |
Abstract
Komunikasi guru dengan siswa merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan dan
pengembangan pengetahuan. Salah satu upaya untuk membentuk komunikasi yang baik
antara guru dan siswa adalah dengan tutur kata dan bahasa yang digunakan oleh seorang guru
pada siswa baik dalam proses pembelajaran maupun dalam interaksi diluar jam pelajaran
dengan berpedoman terhadap Al-Qur’an. Akan teapi, berdasarkan realita yang terjadi terdapat
beberapa temuan yang menjadi titik pemicu terjadinya komunikasi yang tidak efektif antara
guru dan siswa, bahkan ada yang mengakibatkan terhadap terjadinya kekerasan. Diantara
temuan yang ada, beberapa siswa Madrasah Aliyah Negeri I Probolinggo dan di Madrasah
Aliyah Nurul Jadid mudah kehilangan fokus belajar ditengah-tengah berlangsungnya
pembelajaran sehingga mereka mengalihkannya dengan membaca novel, bergurau atau tidur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi komunikasi
edukatif guru dan siswa di Madrasah Aliyah Negeri I Probolinggo dan di Madrasah Aliyah
Nurul Jadid dan tipologi apa saja yang digunakan guru dan siswa dalam menciptakan
komunikasi edukatif dengan berdasarkan enam qaulan yang terdapat didalam Al-Qur’an serta
bagaimana implikasi terciptanya komunikasi edukatif berbasis qaulan di Madrasah Aliyah
Negeri I Probolinggo dan di Madrasah Aliyah Nurul Jadid.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis
penelitian studi kasus dan rancangan penelitian multisitus. Objek dalam penelitian ini adalah
guru dan siswa Madrasah Aliyah Negeri I Probolinggo dan di Madrasah Aliyah Nurul.
Penelitian ini melalui Tekhnik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, dan
Dokumentasi. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triagulasi
data yaitu membandingkan hasil pengamatan langsung (observasi) dengan data wawancara
dan hasil yang berkaitan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan tipologi komunikasi edukatif
guru dan siswa berbasis qaulan yang diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri I Probolinggo
meliputi qaulan maisura, qaulan karima dan qaulan layyina. Sedangkan tipe komunikasi
edukatif guru dan siswa berbasis qaulan yang diterapkan di Madrasah Aliyah Nurul Jadid
meliputi qaulan maisura, qaulan ma’rufa dan qaulan baligha. Penerapan qaulan tersebut
dapat mempermudah siswa memahami materi yang disampaikan guru selama proses
pembelajaran dan memudahkan guru memahami karakter siswa sehingga guru bisa turut
memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | herman raden |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:41 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 02:41 |
URI: | https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/1752 |
Actions (login required)
View Item |