AHMAD MADANIBILLAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ DAN IKLIM KELAS TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SDN JATIURIP I DAN SDN KAMALKUNING KABUPATEN PROBOLINGGO. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Nurul Jadid.
Text (Tesis)
madani 187.pdf Download (206MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan
terhadap pembelajaran. Pergeseran paradigma belajar turut memberikan andil
dalam cara siswa belajar. Terlebih, pembelajaran berbantuan teknologi informasi dan
komunikasi. Platform edukasi quizizz menjadi alat evaluasi yang menyenangkan. Oleh
karena iru, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh project based learning
berbatuan quizizz dan iklim kelas terhadap student engagement dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi pretest-posttest non equivalent
control group design. Subjek penelitian melibatkan 50 siswa kelas IV SD Negeri Jatiurip I
dan SD Negeri Kamalkuning Probolinggo tahun pelajaran 2022/2023. Jenis instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini, 1) angket, dan 2) tes. Data hasil penelitian dianalisis
dengan t-test for Equalitiy of Means dan Multivariate analysis of Variance (MANOVA).
Hasil Penelitian ini Menunjukkan (1) terdapat perbedaan student engagement yang
signifikan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran project based learning
berbantuan quizizz dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran project based
learning tanpa bantuan quizizz, (2) terdapat perbedaan student engagement yang memiliki
iklim kelas yang berbeda, (3) terdapat interaksi siswa yang belajar menggunakan model
pembelajaran project based learning berbantuan quizizz dan iklim kelas terhadap student
engagement, (4) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model
pembelajaran project based learning berbantuan quizizz dan siswa yang belajar
menggunakan model pembelajaran project based learning tanpa bantuan quzizz, (5)
terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki iklim kelas yang berbeda, (6) terdapat
interaksi antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran project based
learning berbantuan quizizz dan iklim kelas terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarannkan guru mengimplementasikan model
pembelajaran project based learning berbantuan quizizz untuk meningkatkan student
engagement dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | herman raden |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:41 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 02:41 |
URI: | https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/1753 |
Actions (login required)
View Item |