AKSELERASI MUTU PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 02 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

EFENDI, IKWAN (2023) AKSELERASI MUTU PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 02 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON.

[thumbnail of ABSTRAK.docx] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[thumbnail of BAB I.docx] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[thumbnail of BAB II.docx] Text
BAB II.docx

Download (93kB)
[thumbnail of BAB III.docx] Text
BAB III.docx

Download (34kB)
[thumbnail of BAB IV.docx] Text
BAB IV.docx

Download (85kB)
[thumbnail of BAB V.docx] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK
Ikwan Efendi, 2018. Akselerasi Mutu Pendidikan Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018, Pembimbing: Dr. H. M. Hasyim Syamhudi, M.Si

Penelitian ini untuk menelaah mutu pendidikan melalui gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 02 Bondowoso: 1. Apa sajakah bentuk-bentuk akselerasi mutu pendidikan melalui program gerakan literasi sekolah (GLS) dalam meningkatkan kemandirian belajarsiswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 02 Bondowoso 2. Bagaimana manajemen pelaksanaan akselerasi mutu pendidikan melalui program gerakan literasi sekolah (GLS) dalam meningkatkan kemandirian belajarsiswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 02 Bondowo. Dan, 3. Bagaimana dampak akselerasi mutu pendidikan melalui program gerakan literasi sekolah (GLS) dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 02 Bondowoso
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Obyek penelitian ini adalah kepala sekolah, Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaan, Wakasek Sarpras, Wakasek Humas, Guru PAI dan siswa di SMA Negeri 02 Bondowoso. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.Uji pengecekan keabsahan data menggunakan Presistent Observation, Triangulasi,dan Peerdering.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Adapun bentuk-bentuk pelaksanaan penerapan pengembangan mutu pendidikan yang dilakukan oleh SMA Negeri 02 Bondowoso Tahun 2018 mempunyai berbagai bentuk pengembangan yaitu melalui pengembangan kualitas pendidikan, dimulai dari pengembangan kompetensi pendidik, pembiasaan siswa belajar mandiri, pemenuhan sumber belajar dan fasilitas belajar sebagai sarana memudahkan siswa dalam mengakses informasi, (2) Manajemen pelaksanaan pengembangan mutu pendidikan yang dilakukan oleh SMA Negeri 02 Bondowoso melalui gerakan literasi sekolah dengan cara merencanakan program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang yang sinkron dengan visi sekolah, (3) Pelaksanaan penerapan pengembangan mutu pendidikan mempunyai banyak dampak terutama pada kualitas pendidikan yang dilihat dari proses maupun hasil capaian siswa. Selain itu, SMA Negeri02 Bondowoso lebih mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta tantangan sekolah demi kemajuan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lilip SP3
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:38
Last Modified: 29 Nov 2023 02:38
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item View Item