PENGARUH MOTIVASI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI UNIVERSITAS NURUL JADID

SITI FAJRIYA, FAJRIYA and FAHRUDIN, FAHRUDIN (2025) PENGARUH MOTIVASI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI UNIVERSITAS NURUL JADID. Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.

[thumbnail of 01. cover-seb. abstrak.pdf] Text
01. cover-seb. abstrak.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 02. abstrak.pdf] Text
02. abstrak.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 03. kata pengantar- daftar isi.pdf] Text
03. kata pengantar- daftar isi.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of 04. bab 1.pdf] Text
04. bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 05. bab 2.pdf] Text
05. bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 06. bab 3.pdf] Text
06. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 07. bab 4.pdf] Text
07. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of 08. bab 5.pdf] Text
08. bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[thumbnail of 09. daftar pustaka.pdf] Text
09. daftar pustaka.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of 10. lampiran.pdf] Text
10. lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fajriya, Siti. 2025. Pengaruh Motivasi dan Dukungan Sosial Terhadap
Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi
Universitas Nurul Jadid. Skripsi, Prodi Ekonomi, Fakultas Sosial
Dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Pembimbing: Fahrudin, M.M.
Kata Kunci: Minat Berwirausaha, Motivasi, Dukungan Sosial
Minat berwirausaha merupakan salah satu indikator penting dalam
menciptakan generasi muda yang mandiri dan inovatif. Motivasi dan dukungan
sosial menjadi faktor penting dalam membentuk minat tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan dukungan sosial terhadap minat
berwirausaha pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Universitas Nurul Jadid.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif.
Sampel sebanyak 198 responden diambil dengan teknik simple random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan
regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda
adalah Y = 0,802 + 0,242X₁ + 0,237X₂ + e. Berdasarkan uji t, diperoleh bahwa
variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha
dengan nilai thitung = 7,008 > ttabel = 1,972 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Begitu pula
dengan variabel dukungan sosial, yang memiliki thitung = 6.992 > ttabel = 1,972 dan
signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa motivasi dan dukungan
sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha dengan
Fhitung = 240,776 > Ftabel = 3,04 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi
(Adjusted R Square) sebesar 0,709 menunjukkan bahwa 70,9% faktor minat
berwirausaha dapat dijelaskan oleh motivasi dan dukungan sosial.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi dan dukungan sosial
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha
mahasiswa. Hasil ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi perguruan tinggi
untuk meningkatkan program kewirausahaan yang mampu memperkuat motivasi
dan membangun dukungan sosial mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi
Depositing User: Wilda SP3
Date Deposited: 03 Dec 2025 06:37
Last Modified: 03 Dec 2025 06:37
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item