SITI FAJRIYA, FAJRIYA and FAHRUDIN, FAHRUDIN (2025) PENGARUH MOTIVASI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI UNIVERSITAS NURUL JADID. Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.
|
Text
01. cover-seb. abstrak.pdf Download (577kB) |
|
|
Text
02. abstrak.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
03. kata pengantar- daftar isi.pdf Download (643kB) |
|
|
Text
04. bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
05. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
06. bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
07. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
08. bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
|
Text
09. daftar pustaka.pdf Download (498kB) |
|
|
Text
10. lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Fajriya, Siti. 2025. Pengaruh Motivasi dan Dukungan Sosial Terhadap
Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi
Universitas Nurul Jadid. Skripsi, Prodi Ekonomi, Fakultas Sosial
Dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Pembimbing: Fahrudin, M.M.
Kata Kunci: Minat Berwirausaha, Motivasi, Dukungan Sosial
Minat berwirausaha merupakan salah satu indikator penting dalam
menciptakan generasi muda yang mandiri dan inovatif. Motivasi dan dukungan
sosial menjadi faktor penting dalam membentuk minat tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan dukungan sosial terhadap minat
berwirausaha pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Universitas Nurul Jadid.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif.
Sampel sebanyak 198 responden diambil dengan teknik simple random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan
regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda
adalah Y = 0,802 + 0,242X₁ + 0,237X₂ + e. Berdasarkan uji t, diperoleh bahwa
variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha
dengan nilai thitung = 7,008 > ttabel = 1,972 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Begitu pula
dengan variabel dukungan sosial, yang memiliki thitung = 6.992 > ttabel = 1,972 dan
signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa motivasi dan dukungan
sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha dengan
Fhitung = 240,776 > Ftabel = 3,04 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi
(Adjusted R Square) sebesar 0,709 menunjukkan bahwa 70,9% faktor minat
berwirausaha dapat dijelaskan oleh motivasi dan dukungan sosial.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi dan dukungan sosial
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha
mahasiswa. Hasil ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi perguruan tinggi
untuk meningkatkan program kewirausahaan yang mampu memperkuat motivasi
dan membangun dukungan sosial mahasiswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
| Divisions: | Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi |
| Depositing User: | Wilda SP3 |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 06:37 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 06:37 |
| URI: | https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
