RAIDATUS SOLIHAH, SOLIHAH and FAHRUDIN, FAHRUDIN (2025) Pengaruh Kualitas Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Green Argopuro Kecamatan Sumbermalang). Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.
|
Text
01. cover-seb. abstrak.pdf Download (339kB) |
|
|
Text
02. abstrak.pdf Download (233kB) |
|
|
Text
03. kata pengantar- daftar isi.pdf Download (639kB) |
|
|
Text
04. bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
05. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
06. bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
07. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
08. bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
|
|
Text
09. daftar pustaka.pdf Download (966kB) |
|
|
Text
10. lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Solihah, Raidatus. 2025. Pengaruh Kualitas dan Variasi
terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Di Green
Argopuro Kecamatan Sumbermalang. Skiripsi, Prodi
Ekonomi, Fakultas Sosial Dan Humaniora, Universitas
Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing: Fahrudin,
M.M.
Kata kunci : Kualitas Produk, Variasi Produk, Minat Beli
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas dan
variasi produk terhadap minat beli konsumen pada usaha Green Argopuro.
Penelitian ini memiliki tiga variabel yaitu variabel kualitas dan variasi
produk sebagai variabel independen sedangkan variabel minat beli sebagai
variabel dependen. Penelitian ini diharapkan dapat membantu memperjelas
sejauh mana kedua faktor tersebut mempengaruhi minat konsumen untuk
melakukan pembelian di Green Argopuro Kecamatan Sumbermalang.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian
kuantitatif kausal. Jenis penelitian yang digunakan untuk menyelidiki
hubungan sebab-akibat antar variabel. Sampel dalam penelitian ini terdiri
dari 60 responden yang merupakan konsumen Green Argopuro Kecamatan
Sumbermalang. Pemilihan sampel didasarkan pada kriteria tertentu, yaitu
konsumen yang pernah membeli di Green Argopuro, wilayah dan usia
konsumen, teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran
kuesioner virtual dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian di
analisis dengan menggunakan SPSS 22, melalui berbagai uji statistik,
antara lain uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis
regresi berganda. Serta pengujian hipotesis yang berupa uji t, uji f, dan uji
koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis, pada variabel kualitas di peroleh nilai t
hitung sebesar 2,937 dan t tabel sebesar 2,002, yang berarti t hitung > t
tabel, dan tingkat signifikansinya 0,004 < 0,05. Temuan ini menunjukkan
bahwa minat beli konsumen dipengaruhi secara signifikan dan positif oleh
kualitas produk secara parsial. Begitu pula dengan variabel variasi produk,
yang memiliki nilai t hitung sebesar 5,507 yang lebih besar dari t tabel
sebesar 2,002 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan
bahwa variasi produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial
terhadap minat beli konsumen. Secara simultan, variabel kualitas dan
variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
konsumen. Hal ini ditunjukkan oleh nilai f hitung sebesar 74,371 > f tabel
sebesar 3,16 serta nilai signifikansi sebesar 0,000 yang kurang dari 0,05.
Selain itu nilai R Square sebesar 72,3%, yang menunjukkan bahwa secara
bersamaan kualitas dan variasi produk mempengaruhi minat beli sebesar
72,3%.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
| Divisions: | Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi |
| Depositing User: | zahrotul qomariyah |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 05:26 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 05:26 |
| URI: | https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
