NASILATUL MAGHFIROH, MAGHFIROH and FAHRUDIN, FAHRUDIN (2025) PENGARUH PERCEIVED VALUE DAN PERCEIVED CONVENIENCE TERHADAP PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL DI KECAMATAN PAITON. Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.
|
Text
01. cover-seb. abstrak.pdf Download (602kB) |
|
|
Text
02. abstrak.pdf Download (200kB) |
|
|
Text
03. kata pengantar- daftar isi.pdf Download (825kB) |
|
|
Text
04. bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
05. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
06. bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
07. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
08. bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
|
|
Text
09. daftar pustaka.pdf Download (801kB) |
|
|
Text
10. lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Maghfiroh, Nasilatul. 2025. Pengaruh Perceived Value dan Perceived
Convenience terhadap Penggunaan dompet digital dalam Transaksi
Mikro di Kecamatan Paiton. Skripsi, Prodi Ekonomi, Fakultas
Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Pembimbing : Fahrudin, M.M.
Kata kunci : Perceived Value , Perceived Convenience, Penggunaan dompet digital.
Perkembangan teknologi keuangan digital mendorong munculnya dompet
digital sebagai alternatif pembayaran non-tunai yang efisien dan praktis, termasuk
dalam transaksi mikro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
Perceived Value dan Perceived Convenience terhadap Penggunaan dompet digital
dalam transaksi mikro di Kecamatan Paiton. Perceived Value dalam penelitian ini
mencakup nilai fungsional, sosial, emosional, pengetahuan, dan kondisional,
sedangkan Perceived Convenience mencakup kemudahan akses, kemudahan
dipahami, dipelajari, fleksibilitas, dan minimnya kesalahan teknis.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sampel sebanyak 402 responden dipilih menggunakan teknik purposive
sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan analisis
data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Perceived Value dan
Perceived Convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan
dompet digital. Hal ini berdasarkan hasil uji parsial diperoleh nilai thitung (6,199)
> ttabel (1,966) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Hasil uji parsial
menunjukkan bahwa nilai thitung (6,255) > ttabel (1,966) dengan signifikansi 0,000
< 0,05. Secara simultan, kedua variabel tersebut juga berpengaruh signifikan
dengan hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung (340,623) > Ftabel (3,02) dengan
signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square sebesar 0,633, yang
menunjukkan bahwa Perceived Value dan Perceived Convenience mampu
menjelaskan variasi dalam Penggunaan dompet digital sebesar 63,3%. Berdasarkan
hasil analisis dapat di simpulkan bahwa Perceived Value dan Perceived
Convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan dompet
digital di kecamatan paiton.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi |
| Depositing User: | zahrotul qomariyah |
| Date Deposited: | 07 Dec 2025 06:24 |
| Last Modified: | 07 Dec 2025 06:24 |
| URI: | https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
