PENGARUH PERCEIVED VALUE DAN PERCEIVED CONVENIENCE TERHADAP PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL DI KECAMATAN PAITON

NASILATUL MAGHFIROH, MAGHFIROH and FAHRUDIN, FAHRUDIN (2025) PENGARUH PERCEIVED VALUE DAN PERCEIVED CONVENIENCE TERHADAP PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL DI KECAMATAN PAITON. Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.

[thumbnail of 01. cover-seb. abstrak.pdf] Text
01. cover-seb. abstrak.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of 02. abstrak.pdf] Text
02. abstrak.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 03. kata pengantar- daftar isi.pdf] Text
03. kata pengantar- daftar isi.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of 04. bab 1.pdf] Text
04. bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 05. bab 2.pdf] Text
05. bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of 06. bab 3.pdf] Text
06. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 07. bab 4.pdf] Text
07. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of 08. bab 5.pdf] Text
08. bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of 09. daftar pustaka.pdf] Text
09. daftar pustaka.pdf

Download (801kB)
[thumbnail of 10. lampiran.pdf] Text
10. lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Maghfiroh, Nasilatul. 2025. Pengaruh Perceived Value dan Perceived
Convenience terhadap Penggunaan dompet digital dalam Transaksi
Mikro di Kecamatan Paiton. Skripsi, Prodi Ekonomi, Fakultas
Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Pembimbing : Fahrudin, M.M.
Kata kunci : Perceived Value , Perceived Convenience, Penggunaan dompet digital.
Perkembangan teknologi keuangan digital mendorong munculnya dompet
digital sebagai alternatif pembayaran non-tunai yang efisien dan praktis, termasuk
dalam transaksi mikro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
Perceived Value dan Perceived Convenience terhadap Penggunaan dompet digital
dalam transaksi mikro di Kecamatan Paiton. Perceived Value dalam penelitian ini
mencakup nilai fungsional, sosial, emosional, pengetahuan, dan kondisional,
sedangkan Perceived Convenience mencakup kemudahan akses, kemudahan
dipahami, dipelajari, fleksibilitas, dan minimnya kesalahan teknis.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sampel sebanyak 402 responden dipilih menggunakan teknik purposive
sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan analisis
data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Perceived Value dan
Perceived Convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan
dompet digital. Hal ini berdasarkan hasil uji parsial diperoleh nilai thitung (6,199)
> ttabel (1,966) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Hasil uji parsial
menunjukkan bahwa nilai thitung (6,255) > ttabel (1,966) dengan signifikansi 0,000
< 0,05. Secara simultan, kedua variabel tersebut juga berpengaruh signifikan
dengan hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung (340,623) > Ftabel (3,02) dengan
signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square sebesar 0,633, yang
menunjukkan bahwa Perceived Value dan Perceived Convenience mampu
menjelaskan variasi dalam Penggunaan dompet digital sebesar 63,3%. Berdasarkan
hasil analisis dapat di simpulkan bahwa Perceived Value dan Perceived
Convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan dompet
digital di kecamatan paiton.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi
Depositing User: zahrotul qomariyah
Date Deposited: 07 Dec 2025 06:24
Last Modified: 07 Dec 2025 06:24
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item