IMPLEMENTASI GREEN MARKETING DI DIVA SWALAYAN KRAKSAAN DILIHAT DARI PERSEPSI MANAJEMEN

SEPHIA EKA AMALIA PUTRI, PUTRI and Rizki Febri Eka Pradani, Pradani (2025) IMPLEMENTASI GREEN MARKETING DI DIVA SWALAYAN KRAKSAAN DILIHAT DARI PERSEPSI MANAJEMEN. Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.

[thumbnail of 01. cover-seb. abstrak.pdf] Text
01. cover-seb. abstrak.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 02. abstrak.pdf] Text
02. abstrak.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 03. kata pengantar- daftar isi.pdf] Text
03. kata pengantar- daftar isi.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of 04. bab 1.pdf] Text
04. bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 05. bab 2.pdf] Text
05. bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 06. bab 3.pdf] Text
06. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 07. bab 4.pdf] Text
07. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of 08. bab 5.pdf] Text
08. bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[thumbnail of 09. daftar pustaka.pdf] Text
09. daftar pustaka.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of 10. lampiran.pdf] Text
10. lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sephia Eka Amalia Putri, 2025. Implementasi Green Marketing Di Diva Swalayan
Kraksaan Dilihat Dari Persepsi Manajemen. Skripsi Program Studi Ekonomi,
Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid. Dosen Pembimbing Rizki
Febri Eka Pradani M.Pd.
Kata Kunci : Implementasi Green Marketing, Manajemen, Persepsi.
Diva Swalayan ialah salah satu dari segelintir perusahaan retail yang terdapat
di Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Diva Swalayan merupakan perusahaan
retail yang mengikuti tren yang muncul ditengah masyarakat modern saat ini, yaitu
tren green marketing. Bentuk implementasi konsep green marketing yang diadopsi
oleh Diva Swalayan yaitu mengganti penggunaan kantong plastik sekali pakai dengan
beralih pada tas belanja yang ramah lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi green marketing
di Diva Swalayan Kraksaan dilihat dari persepsi manajemennya serta menganalisis
faktor pendorong dan faktor penghambat dari kebijakan tersebut. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu wawancara,
observasi, dan dokumentasi terhadap manajemen di Diva Swalayan Kraksaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Diva Swalayan Kraksaan tidak
mengimplementasikan green marketing berdasarkan keinginan pihaknya, akan tetapi
terdapat regulasi dari pemerintah setempat yang tertuang dalam Peraturan Bupati
Nomor 51 Tahun 2023 tentang pengurangan penggunaan plastik sekali pakai (PSP).
Dalam implementasinya, pihak Diva mengalami berbagai proses hingga dapat
dikatakan stabil seperti saat ini, seperti menghadapi penolakan dari konsumen hingga
sepi pengunjung.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah walaupun implementasi green marketing
di Diva Swalayan Kraksaan masih belum mencapai klimaks akan tetapi kepatuhan
masyarakat terkait implementasi kebijakan tersebut seiring berjalannya waktu semakin membaik. Adanya regulasi dari pemerintah setempat merupakan salah satu
faktor pendorong yang mendasari implementasi green marketing di Diva Swalayan
Kraksaan, serta rendahnya pengetahuan masyarakat terkait konsep green marketing
merupakan faktor penghambat implementasi kebijakan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi
Depositing User: zahrotul qomariyah
Date Deposited: 03 Dec 2025 06:38
Last Modified: 03 Dec 2025 06:38
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item