FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI MAHASISWA UNIVERSITAS NURUL JADID TERHADAP PRODUK GREEN MARKETING: STUDI KASUS PENGGUNAAN SEDOTAN KERTAS PADA MINUMAN KEMASAN KOTAK

RUSMAWATI, RUSMAWATI and Rizki Febri Eka Pradani, Pradani (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI MAHASISWA UNIVERSITAS NURUL JADID TERHADAP PRODUK GREEN MARKETING: STUDI KASUS PENGGUNAAN SEDOTAN KERTAS PADA MINUMAN KEMASAN KOTAK. Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.

[thumbnail of 01. cover-seb. abstrak.pdf] Text
01. cover-seb. abstrak.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of 02. abstrak.pdf] Text
02. abstrak.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 03. kata pengantar- daftar isi.pdf] Text
03. kata pengantar- daftar isi.pdf

Download (808kB)
[thumbnail of 04. bab 1.pdf] Text
04. bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of 05. bab 2.pdf] Text
05. bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 06. bab 3.pdf] Text
06. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 07. bab 4.pdf] Text
07. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 08. bab 5.pdf] Text
08. bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of 09. daftar pustaka.pdf] Text
09. daftar pustaka.pdf

Download (852kB)
[thumbnail of 10. lampiran.pdf] Text
10. lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wati, Rusma 2025. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Mahasiswa
Universitas Nurul Jadid Terhadap Produk Green Marketing: Studi
Kasus Penggunaan Sedotan Kertas Pada Minuman Kemasan Kotak.
Skripsi, Program Studi Ekonomi, Fakultas Sosial dan Humaniora,
Universitas Nurul Jadid. Dosen Pembimbing Rizki Febri Eka Pradani,
M.Pd.
Kata Kunci: Kesadaran Lingkungan, Inovasi Produk, Minat Beli
Lingkungan yang sehat sangat berperan penting dalam meningkatkan
kualitas hidup manusia, baik secara fisik maupun psikologis. Oleh karena itu,
perlu adanya sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan industri untuk menjaga
kelestarian lingkungan melalui kebijakan ramah lingkungan dan kegiatan yang
berkelanjutan. Perkembangan perindustrian, pengetahuan, teknologi, dan
ekonomi bisnis membawa dampak signifikan terhadap lingkungan. Dengan
mengadopsi strategi pemasaran ramah lingkungan dan mengembangkan produk
yang lebih berkelanjutan, perusahaan dapat berperan aktif dalam mengurangi
jejak karbon dan dampak negatif terhadap alam.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif
Universitas Nurul Jadid. Penentuan sampel menggunakan teknik Probability
Sampling dengan responden yang berjumlah 352 orang. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Penelitian ini
menggunakan teknik analisa data berupa uji validitas, uji reliabilitas, analisis
regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis berupa uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat pengaruh positif
dan signifikan kesadaran lingkungan terhadap minat beli produk Green
Marketing bagi mahasiswa Universitas Nurul Jadid. Hal ini berdasarkan hasil uji
parsial dengan diperoleh nilai thitung (1,615) < ttabel (1,967) dengan hasil
signifikan 0,107. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan inovasi produk
terhadap minat beli produk green marketing bagi mahasiswa Universitas Nurul
Jadid. Hal ini berdasarkan hasil uji parsial dengan diperoleh nilai thitung (20,116)
> ttabel (1,967) dengan hasil signifikan <0,001. (3) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan kesadaran lingkungan dan inovasi produk terhadap minat beli produk
green marketing bagi mahasiswa Universitas Nurul Jadid. Hal ini berdasarkan
hasil uji simultan yang diperoleh nilai Fhitung (529,288) > Ftabel (3,02) dengan
hasil signifikan kurang dari 0,05, yang berarti membuktikan Ha3 diterima dan
H03 ditolak. Hasil uji koefisien determinasi (R2) dengan nilai Adjusted R square
0,751 atau jika di presentasekan menjadi 75,1% sehingga bisa disimpulkan
bahwa variabel kesadaran lingkungan dan inovasi produk berpengaruh terhadap
minat beli produk green marketing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi
Depositing User: zahrotul qomariyah
Date Deposited: 03 Dec 2025 06:40
Last Modified: 03 Dec 2025 06:40
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item