NURI ASA KAMALIYATUL IZZI, IZZI and Rizki Febri Eka Pradani, Pradani (2025) PEMAHAMAN KONSEP GREEN MARKETING DI KOPERASI AL-LATHIFIYAH PONDOK PESANTREN NURUL JADID. Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.
|
Text
01. cover-seb. abstrak.pdf Download (581kB) |
|
|
Text
02. abstrak.pdf Download (185kB) |
|
|
Text
03. kata pengantar- daftar isi.pdf Download (619kB) |
|
|
Text
04. bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
05. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
06. bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
07. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
08. bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
|
Text
09. daftar pustaka.pdf Download (635kB) |
|
|
Text
10. lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nuri Asa Kamaliyatul Izzi, 2025. Pemahaman Konsep Green Marketing di
Koperasi Al-Lathifiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid. Skripsi Program
Studi Ekonomi, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid.
Dosen Pebimbing Rizki Febri Eka Pradani, M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman, Green Marketing, Koperasi Pesantren.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana pengelola
koperasi dan santri memahami konsep Green Marketing, mengidentifikasi
tantangan yang dihadapi dalam penerapannya, serta merumuskan strategi yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran mengenai Green Marketing di
Koperasi Al-Lathifiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang
kemudian dianalisis dengan pendekatan temeatik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman pengelola dan
santri mengenai konsep Green Marketing masih terbatas. Meskipun terdapat
beberapa praktik, seperti pengurangan penggunaan plastik dan penggunaan produk
yang ramah lingkungan, hal tersebut lebih didasarkan pada kebiasaan dan arahan
informal dari pada pemahaman ekologis yang mendalam. Kendala utama yang
dihadapi dalam penerapan konsep ini meliputi kurangnya pemahaman, minimnya
promosi dan edukasi, serta keterbatasan infrastruktur, seperti sistem pengelolaan
sampah yang belum berjalan secara optimal.
Strategi yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan pemahaman
dan kesadaran mengenai Green Marketing mencakup penguatan edukasi yang
berlandaskan nilai-nilai Islam, pemanfaatan media promosi secara inovatif, serta
pengembangan budaya pesantren yang mendukung gaya hidup ramah lingkungan.
Penelitian ini merekomendasikan perlunya adanya integrasi antara edukasi
lingkungan dan nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran di pesantren, serta
keterlibatan aktif koperasi sebagai wadah untuk pembelajaran dan praktik
keberlanjutan.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
| Divisions: | Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi |
| Depositing User: | zahrotul qomariyah |
| Date Deposited: | 06 Dec 2025 05:46 |
| Last Modified: | 06 Dec 2025 05:46 |
| URI: | https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/540 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
