PENGARUH GREEN MARKETING DAN KAMPANYE PENGURANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SANTRI DI HASYIMI STORE PONDOK PESANTREN NURUL JADID

NURRIFA’ PURNAMA PUTRI, PUTRI and Rizki Febri Eka Pradani, Pradani (2025) PENGARUH GREEN MARKETING DAN KAMPANYE PENGURANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SANTRI DI HASYIMI STORE PONDOK PESANTREN NURUL JADID. Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.

[thumbnail of 01. cover-seb. abstrak.pdf] Text
01. cover-seb. abstrak.pdf

Download (701kB)
[thumbnail of 02. abstrak.pdf] Text
02. abstrak.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 03. kata pengantar- daftar isi.pdf] Text
03. kata pengantar- daftar isi.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of 04. bab 1.pdf] Text
04. bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 05. bab 2.pdf] Text
05. bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 06. bab 3.pdf] Text
06. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 07. bab 4.pdf] Text
07. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of 08. bab 5.pdf] Text
08. bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of 09. daftar pustaka.pdf] Text
09. daftar pustaka.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of 10. lampiran.pdf] Text
10. lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Putri, Nurrifa‟, Purnama, 2025. Pengaruh Green marketing Dan Kampanye
Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Terhadap Keputusan
Pembelian Santri Di Hasyimi Store Pondok Pesantren Nurul Jadid.
Skripsi, Program Studi Ekonomi, Fakultas Sosial dan Humaniora,
Universitas Nurul Jadid. Dosen Pemimbing Rizki Febri Eka Pradani,
M.Pd.
Kata kunci: Green marketing, Kampanye, Keputusan pembelian
Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan mendorong
pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang berkelanjutan. Hasyimi
Store sebagai usaha retil pesantren telah mengimplementasikan prinsip green
marketing serta aktif megkampanyekan pengurangan pengguanaan kantong
plastik kepada santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengarush
green marketing dan kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik
terhadap keputusan pembelian konsumen di hasyimi store.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei.
Populasi dalam penelitian ini adalah santri mahasiswi di wilayah al-hasyimiyah
sebanyak 160 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus slovin
dengan tingkat kesalahan 5% dimana diperoleh sampel sebanyak 114 responden.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner
menggunakan sekala likert. Adapun analisis data yang dilakukan dengan bantuan
aplikasi SPSS versi 22 melalui uji validitas, uji \reliabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi linier berganda, serta uji t dan uji f.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian santri, terbukti dari nilai
hitung thitung (2,084) > ttabel (1,981) dan nilai signifikasi 0,039 < 0,05. Kampanye
pengurangan p-engguanan kantong plastik juga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung (7,310) > ttabel (1,981) dan nilai
signifikasi 0,000 < 0,05. Secara simultan green marketing dan kampanye
pengurangan penggunaan kantong plastik berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian santri di hasyimi store dengan Fhitung (81,452) > Ftabel
(3,08) dan sig 0,000 < 0,05. Dengan demikian, strategi pemasaran berkelanjutan
dan edukasi lingkungan terbukti efektif dalam mempengaruhi perilaku konsumen
di lingkungan pesantren.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi
Depositing User: zahrotul qomariyah
Date Deposited: 07 Dec 2025 05:49
Last Modified: 07 Dec 2025 05:49
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item View Item