NURRIFA’ PURNAMA PUTRI, PUTRI and Rizki Febri Eka Pradani, Pradani (2025) PENGARUH GREEN MARKETING DAN KAMPANYE PENGURANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SANTRI DI HASYIMI STORE PONDOK PESANTREN NURUL JADID. Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.
|
Text
01. cover-seb. abstrak.pdf Download (701kB) |
|
|
Text
02. abstrak.pdf Download (205kB) |
|
|
Text
03. kata pengantar- daftar isi.pdf Download (726kB) |
|
|
Text
04. bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
05. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
06. bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
07. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
08. bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
|
|
Text
09. daftar pustaka.pdf Download (493kB) |
|
|
Text
10. lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Putri, Nurrifa‟, Purnama, 2025. Pengaruh Green marketing Dan Kampanye
Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Terhadap Keputusan
Pembelian Santri Di Hasyimi Store Pondok Pesantren Nurul Jadid.
Skripsi, Program Studi Ekonomi, Fakultas Sosial dan Humaniora,
Universitas Nurul Jadid. Dosen Pemimbing Rizki Febri Eka Pradani,
M.Pd.
Kata kunci: Green marketing, Kampanye, Keputusan pembelian
Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan mendorong
pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang berkelanjutan. Hasyimi
Store sebagai usaha retil pesantren telah mengimplementasikan prinsip green
marketing serta aktif megkampanyekan pengurangan pengguanaan kantong
plastik kepada santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengarush
green marketing dan kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik
terhadap keputusan pembelian konsumen di hasyimi store.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei.
Populasi dalam penelitian ini adalah santri mahasiswi di wilayah al-hasyimiyah
sebanyak 160 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus slovin
dengan tingkat kesalahan 5% dimana diperoleh sampel sebanyak 114 responden.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner
menggunakan sekala likert. Adapun analisis data yang dilakukan dengan bantuan
aplikasi SPSS versi 22 melalui uji validitas, uji \reliabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi linier berganda, serta uji t dan uji f.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian santri, terbukti dari nilai
hitung thitung (2,084) > ttabel (1,981) dan nilai signifikasi 0,039 < 0,05. Kampanye
pengurangan p-engguanan kantong plastik juga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung (7,310) > ttabel (1,981) dan nilai
signifikasi 0,000 < 0,05. Secara simultan green marketing dan kampanye
pengurangan penggunaan kantong plastik berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian santri di hasyimi store dengan Fhitung (81,452) > Ftabel
(3,08) dan sig 0,000 < 0,05. Dengan demikian, strategi pemasaran berkelanjutan
dan edukasi lingkungan terbukti efektif dalam mempengaruhi perilaku konsumen
di lingkungan pesantren.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
| Divisions: | Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi |
| Depositing User: | zahrotul qomariyah |
| Date Deposited: | 07 Dec 2025 05:49 |
| Last Modified: | 07 Dec 2025 05:49 |
| URI: | https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
