LAILATUS SYARIFAH, SYARIFAH and FAHRUDIN, FAHRUDIN (2025) PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KIRANA STORE SUMBERBARU JEMBER. Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.
|
Text
01. Cover_LAILATUS SYARIFAH (2142400020).pdf Download (371kB) |
|
|
Text
02. LAILATUS SYARIFAH (2142400020).pdf Download (217kB) |
|
|
Text
03. Kata Pengantar & Daftar Isi_LAILATUS SYARIFAH (2142400020).pdf Download (760kB) |
|
|
Text
04. Bab I_LAILATUS SYARIFAH (2142400020).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
05. Bab II_LAILATUS SYARIFAH (2142400020).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
06. Bab III_LAILATUS SYARIFAH (2142400020).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
07. Bab IV_LAILATUS SYARIFAH (2142400020).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
08. Bab V_LAILATUS SYARIFAH (2142400020).pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
|
Text
09. Daftar Pustaka_LAILATUS SYARIFAH (2142400020).pdf Download (819kB) |
|
|
Text
10. Lampiran_LAILATUS SYARIFAH (2142400020).pdf Download (2MB) |
Abstract
Syarifah, Lailatus. 2025. Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Layanan
Terhadap Kepuasan Konsumen Kirana Store Sumberbaru Jember.
Skripsi, Program Studi Ekonomi, Fakultas Sosial Dan Humaniora,
Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Dosen Pembimbing:
Fahrudin, M.M.
Kata Kunci: Promosi, Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, harga,
dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada Kirana Store Sumberbaru,
Jember. Penelitian ini memiliki empat variabel yaitu variabel promosi, harga dan
kualitas layanan sebagai variabel independen sedangkan variabel kepuasan
konsumen sebagai variabel dependen. Fokus penelitian ini adalah menganalisis
bagaimana ketiga faktor tersebut secara parsial maupun simultan memengaruhi
tingkat kepuasan konsumen yang bertransaksi di Kirana Store Sumberbaru Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal.
Jenis penelitian ini digunakan untuk menyelidiki hubungan sebab-akibat antar
variabel. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 240 responden yang merupakan
customer Kirana Store Sumberbaru Jember. Pemilihan sampel berdasarkan kriteria
tertentu, yaitu konsumen yang pernah membeli di Kirana Store, jenis kelamin, usia.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner virtual dan
wawancara. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan
software SPSS 22, melalui berbagai uji statistik, antara lain uji validitas dan
reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda. Serta pengujian hipotesis
yang berupa uji t, uji f dan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis data, bahwa variabel promosi, harga dan
kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen
secara parsial, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung masing-masing variabel lebih
besar dari t tabel dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Secara simultan,
promosi, harga, dan kualitas layanan juga berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan konsumen, dengan nilai F hitung sebesar 74,371 lebih besar dari F tabel
sebesar 3,16 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R
Square) sebesar 53,2% menunjukkan bahwa ketiga variabel independen secara
menyeluruh memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 53,2%,
sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini
mengindikasikan pentingnya peningkatan strategi promosi, penetapan harga yang
tepat, dan penyediaan layanan berkualitas dalam upaya meningkatkan kepuasan
konsumen.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
| Divisions: | Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi |
| Depositing User: | zahrotul qomariyah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 04:59 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 04:59 |
| URI: | https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
