INDAH NURLAILI SAFITRI, SAFITRI and Rizki Febri Eka Pradani, Pradani (2025) ANALISIS PENERAPAN GREEN MARKETING PADA UMKM (STUDI KASUS: USAHA KING GEPREK SUMBERANYAR). Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.
|
Text
01. cover-seb. abstrak.pdf Download (546kB) |
|
|
Text
02. abstrak.pdf Download (241kB) |
|
|
Text
03. kata pengantar- daftar isi.pdf Download (719kB) |
|
|
Text
04. bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
05. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
06. bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
07. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
08. bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
|
Text
09. daftar pustaka.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
10. lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Safitri, Indah Nurlaili. 2025. Analisis Penerapan Green Marketing Pada UMKM
(Studi Kasus: Usaha King Geprek Sumberanyar). Skripsi, Progam Studi
Ekonomi, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid, Dosen
Pembimbing Rizki Febri Eka Pradani, M.Pd.
Kata Kunci: Green Marketing, UMKM
Usaha King Geprek merupakan usaha yang berlokasi di Desa Sumberanyar,
Kecamatan Paiton. Usaha ini cukup dikenal luas banyak orang karena memiliki
usaha kuliner yang cukup diminati oleh berbagai kalangan. Tingginya minat
konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh usaha King Geprek, hal tersebut
memiliki peluang yang baik dalam menciptakan konsumen yang lebih peduli
terhadap lingkungan. Namun hal tersebut juga berpotensi memiliki dampak bagi
lingkungan karena produktivitas operasionalnya yang tinggi sehingga limbah yang
dihasilkan dari setiap kegiatan operasionalnya meningkat.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan
green marketing pada UMKM usaha King Geprek sumberanyar diterapkan. Dan
untuk mengetahui faktor pendukung dan juga penghambat dalam menerapkan
konsep green marekting pada usaha King Geprek Sumberanyar. Metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian
ini. Narasumber pada penelitian ini adalah pemilik usaha, karyawan dan konsumen
usaha King geprek Sumbernyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahawa pada penerapan green marketing dalam
konteks marketing mix (7P) yakni: product, price, place, promotion, people,
process, dan physical evidence usaha King Geprek sumberanyar hanya mengadopsi
3 elemen yakni green place, green process dan green physical evidence. Langkah
langkah keberlanjutan yang dilakukan lebih sering bertujuan untuk menjaga
kepuasan pelanggan dan mengurangi pengeluaran, bukan karena dorongan
kesadaran lingkungan yang kuat. Dengan demikian, penerapan green marketing
pada usaha ini belum diterapkan secara menyeluruh dalam operasionalnya.
Akibatnya peluang untuk menciptakan konsumen yang lebih peduli terhadap
lingkungan tidak bisa tercapai. Namun, dalam aspek pengelolaan limbah, Usaha
King Geprek telah menunjukkan upaya positif, seperti memisahkan limbah organik
dan anorganik serta memanfaatkan sebagian limbah organik sebagai pakan ternak
atau kompos. Meskipun langkah ini belum sepenuhnya sistematis dan terintegrasi
dengan strategi pemasaran berkelanjutan, hal tersebut menunjukkan adanya potensi
untuk mengembangkan praktik green marketing yang lebih menyeluruh di masa
mendatang.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
| Divisions: | Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi |
| Depositing User: | zahrotul qomariyah |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 05:40 |
| Last Modified: | 20 Dec 2025 05:40 |
| URI: | https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
