PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MTs. BUSTANUL FAIZIN BLIMBING BESUKI SITUBONDO

Wafi, Abdul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MTs. BUSTANUL FAIZIN BLIMBING BESUKI SITUBONDO. Masters thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.rtf] Text
BAGIAN AWAL.rtf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.docx] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[thumbnail of BAB II.docx] Text
BAB II.docx

Download (57kB)
[thumbnail of BAB III.docx] Text
BAB III.docx

Download (36kB)
[thumbnail of BAB IV.docx] Text
BAB IV.docx

Download (756kB)
[thumbnail of BAB V.docx] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.docx] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[thumbnail of RIWAYAT HIDUP.docx] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (15kB)

Abstract

Abdul Wafi, 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Card Sort Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs. Bustanul Faizin Blimbing Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2017-2018. Pembimbing : Dr. H. Hasan Baharun, M.Pd

Kata Kunci : Media Pembelajaran Card Sort, Motivasi Belajar

Di Madrasah Madrasah Tsanawiyah Bustanul Faizin kegiatan belajar mengajar Al-Qur’an Hadits awalnya hannya menggunakan metode pembelajaran klasikal dengan media pembelajaran yang kurang variatif, sehingga motivasi belajar siswa masih belum memuaskan. Hal ini tergambar pada gejala-gejala sebagai berikut: 1. Sebagian besar siswa tidak memperhatikan pelajaran ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, 2. Siswa sering ribut pada saat guru menjelaskan materi, 3. Siswa sering terlambat menyelesaikan latihan yang diberikan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang ingin diketahui adalah tentang : 1. Bagaimana perencanaan pengembangan media pembelajaran card sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs. Bustanul Faizin Blimbing Besuki Situbondo tahun pelajaran 2017-2018. 2. Bagaimana pelaksanaan pengembangan media pembelajaran card sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs. Bustanul Faizin Blimbing Besuki Situbondo tahun pelajaran 2017-2018. 3. Bagaimana evaluasi pengembangan media pembelajaran card sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs. Bustanul Faizin Blimbing Besuki Situbondo tahun pelajaran 2017-2018.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview dalam proses mengumpulkan data. Sedangkan analisa datanya adalah analisis interaktif Miles & Huberman dengan cara mereduksi data, display data, verifikasi data dan terakhir penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Perencanaannya menggunakan model ASSURE dengan tahapan, menganalisis peserta didik, menetapkan tujuan, memilih metode dan materi, memanfaatkan media dan materi, partisipasi peserta didik, evaluasi dan revisi. 2. Pelaksanaannya dengan beberapa kegiatan, kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. 3. Evaluasinya memakai ASESMEN AUTENTIC dengan jenis penilaian sikap dan penilaian tes tulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lilip SP3
Date Deposited: 09 Dec 2023 03:48
Last Modified: 09 Dec 2023 03:48
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item