POLA PENDIDIKAN ANAK DALAM PENANAMAN KARAKTER MELALUI PARENTING GUIDE PERSPEKTIF DIANA BAUMRID DAN ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN

MUNAWWARAH, MADINATUL (2023) POLA PENDIDIKAN ANAK DALAM PENANAMAN KARAKTER MELALUI PARENTING GUIDE PERSPEKTIF DIANA BAUMRID DAN ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN. Masters thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON.

[thumbnail of ABSTRAK.docx] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[thumbnail of 3. BAB I.rtf] Text
3. BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[thumbnail of 4. BAB II.rtf] Text
4. BAB II.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[thumbnail of 5. BAB III.rtf] Text
5. BAB III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[thumbnail of 6. BAB IV.rtf] Text
6. BAB IV.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[thumbnail of 7. BAB V.rtf] Text
7. BAB V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka.rtf] Text
8. Daftar pustaka.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)

Abstract

ABSTRAK

Madinatul Munawwarah. 2018. Pola Pendidikan Anak dalam Penanaman Karakter melalui Parenting Guide Perspektif Diana Baumrind dan Abdullah Nashih ‘Ulwan. Tesis, Prodi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing: Dr. H. Hefny, M.Pd
Kata Kunci: Pendidikan Anak, Penanaman Karakter, Parenting Guide, Diana Baumrind, Abdullah Nashih ‘Ulwan,.
Sebuah keresahan yang cukup beralasan bahwa karakter dan moralitas bangsa menjadi satu dari sekian banyak persoalan yang dialami masyarakat Indonesia. Jika kondisi ini dibiarkan, kasus-kasus seperti ini nampaknya akan terus meluas seiring perkembangan kemajuan zaman dan anak sebagai generasi Islam tidak mempunyai dasar karakter yang kuat dalam menghadapi tantangan zaman. Keluarga sebagai institusi sosial terkecil merupakan fondasi dan investasi awal untuk membangun kehidupan sosial dan kehidupan bermasyarakat secara luas menjadi lebih baik.
Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui: 1. Bagaimana konsep pendidikan anak dalam penanaman karakter melalui parenting guide dalam perspektif Diana Baumrind? 2. Bagaimana konsep pendidikan anak dalam penanaman karakter melalui parenting guide dalam perspektif Abdullah Nashih ‘Ulwan? 3. Bagaimana persamaan dan perbedaan konsep pendidikan anak dalam penanaman karakter melalui parenting guide dalam perspektif Diana Baumrind dan Abdullah Nashih ‘Ulwan?.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bersifat Deskriptif Analisis, dengan menggunakan pendekatan analisis isi (Content Analisys). Sumber data yang digunakan diambil dari karya-karya tokoh yang bersangkutan dan pendapat para pakar ahli dalam hal tersebut dan dipaparkan beberapa ayat Al-Qur`an yang berkenaan dengan hal tersebut.
Empat cara mendidik anak yang dicetuskan oleh Diana Baumrind, yaitu a. Authoritarian Parenting (pola asuh otoriter), b. Authoritative parenting (pola asuh demokratis), c. Neglectful Parenting, d. Indulgent Parenting. Menurutnya, cara terbaik diantara 4 cara tersebut adalah Authoritative parenting (pola asuh demokratis). Konsep pendidikan anak dalam perspektif Abdullah Nashih ‘Ulwan adalah: a. Metode keteladanan, b. Metode pembiasaan, c. Metode nasihat e. perhatian dan pengawasan, f. Metode Targhib (Janji) dan Tarhib (Ancaman). Pemikiran Diana Baumrind dan Abdullah Nashih ‘Ulwan memiliki beberapa kesamaan dalam cara mendidik anak untuk menanamkan karakter dalam diri mereka. Adapun perbedaan keduanya terletak pada karakter pertama yang harus ditanamkan pada diri anak. Diana baumrind dalam teorinya tidak mengemukakan tentang nilai pertama yang harus ditanamkan sedangkan Abdullah Nashih ‘Ulwan secara bersamaan memaparkan dua hal tersebut, baik materi atau metode. Abdullah Nashih ‘Ulwan memulainya dengan pendidikan tauhid yang harus tertanam pertama kali pada diri anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lilip SP3
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:31
Last Modified: 13 Jul 2024 03:19
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/1375

Actions (login required)

View Item View Item