PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI PLATFROM E- COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA KONSUMEN SHOPEE: MAHASISWA UNUJA)

UMMI KULSUM, KULSUM and FAHRUDIN, FAHRUDIN (2025) PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI PLATFROM E- COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA KONSUMEN SHOPEE: MAHASISWA UNUJA). Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.

[thumbnail of 01. cover-seb. abstrak.pdf] Text
01. cover-seb. abstrak.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 02. abstrak.pdf] Text
02. abstrak.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 03. kata pengantar- daftar isi.pdf] Text
03. kata pengantar- daftar isi.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of 04. bab 1.pdf] Text
04. bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 05. bab 2.pdf] Text
05. bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of 06. bab 3.pdf] Text
06. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 07. bab 4.pdf] Text
07. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 08. bab 5.pdf] Text
08. bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of 09. daftar pustaka.pdf] Text
09. daftar pustaka.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of 10. lampiran.pdf] Text
10. lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ummi Kulsum. 2025. Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan
Pembelian pada Aplikasi E-Commerce Shopee (Studi pada Mahasiswa
Universitas Nurul Jadid). Skripsi. Program Studi Ekonomi, Fakultas Sosial
dan
Humaniora, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo,
Pembimbing: (Fahrudin, M.M.)
Kata Kunci: Citra Merek, Promosi, Keputusan Pembelian
Perkembangan e-commerce yang pesat di Indonesia menjadikan Shopee
sebagai salah satu platfrom belanja online dengan pengguna terbanyak, terutama di
kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra
merek dan promosi terhadap keputusan pembelian mahasiswa Universitas Nurul
Jadid sebagai pengguna aktif Shopee.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan teknik
pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel skala Likert 4
poin sampel yang digunakan 369 responden, dari total populasi 4.762 mahasiswa,
menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji
validitas, reabilitas, regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi
dengan bantuan SPSS versi 27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek (X1)
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 6,674
> t-tabel 1,966 dan signifikansi 0,000 < 0,05, serta promosi (X2) juga berpengaruh
signifikan dengan t-hitung 8,736 > t-tabel 1,966 dan signifikansi 0,000 < 0,05.
Secara simultan kedua variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan nilai F-hitung sebesar 158,132 > F-tabel 3,02 dan signifikansi
0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,759 menunjukkan bahwa 75,9%
variasi keputusan pembelian dijelaskan oleh citra merek dan promosi. hasil ini
menegaskan pentingnya citra merek yang kuat dan strategi promosi yang efektif
dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen digital, khususnya
dikalangan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi
Depositing User: zahrotul qomariyah
Date Deposited: 03 Dec 2025 06:33
Last Modified: 03 Dec 2025 06:33
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item