UMMI KULSUM, KULSUM and FAHRUDIN, FAHRUDIN (2025) PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI PLATFROM E- COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA KONSUMEN SHOPEE: MAHASISWA UNUJA). Other thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID.
|
Text
01. cover-seb. abstrak.pdf Download (528kB) |
|
|
Text
02. abstrak.pdf Download (175kB) |
|
|
Text
03. kata pengantar- daftar isi.pdf Download (599kB) |
|
|
Text
04. bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
05. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
06. bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
07. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
08. bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
|
Text
09. daftar pustaka.pdf Download (597kB) |
|
|
Text
10. lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Ummi Kulsum. 2025. Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan
Pembelian pada Aplikasi E-Commerce Shopee (Studi pada Mahasiswa
Universitas Nurul Jadid). Skripsi. Program Studi Ekonomi, Fakultas Sosial
dan
Humaniora, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo,
Pembimbing: (Fahrudin, M.M.)
Kata Kunci: Citra Merek, Promosi, Keputusan Pembelian
Perkembangan e-commerce yang pesat di Indonesia menjadikan Shopee
sebagai salah satu platfrom belanja online dengan pengguna terbanyak, terutama di
kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra
merek dan promosi terhadap keputusan pembelian mahasiswa Universitas Nurul
Jadid sebagai pengguna aktif Shopee.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan teknik
pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel skala Likert 4
poin sampel yang digunakan 369 responden, dari total populasi 4.762 mahasiswa,
menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji
validitas, reabilitas, regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi
dengan bantuan SPSS versi 27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek (X1)
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung 6,674
> t-tabel 1,966 dan signifikansi 0,000 < 0,05, serta promosi (X2) juga berpengaruh
signifikan dengan t-hitung 8,736 > t-tabel 1,966 dan signifikansi 0,000 < 0,05.
Secara simultan kedua variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian dengan nilai F-hitung sebesar 158,132 > F-tabel 3,02 dan signifikansi
0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,759 menunjukkan bahwa 75,9%
variasi keputusan pembelian dijelaskan oleh citra merek dan promosi. hasil ini
menegaskan pentingnya citra merek yang kuat dan strategi promosi yang efektif
dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen digital, khususnya
dikalangan mahasiswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
| Divisions: | Fakultas Sosial dan Humaniora > S1 Ekonomi |
| Depositing User: | zahrotul qomariyah |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 06:33 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 06:33 |
| URI: | https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
