PENGARUH PROJECT METHOD TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MTS. DARUL MUHAJIRIN PEKALANGAN TENGGARANG BONDOWOSO

SUSANTI, DESI (2023) PENGARUH PROJECT METHOD TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA MTS. DARUL MUHAJIRIN PEKALANGAN TENGGARANG BONDOWOSO. Masters thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON.

[thumbnail of SAMPUL  SAJA OK.docx] Text
SAMPUL SAJA OK.docx

Download (70kB)
[thumbnail of ABSTRAK.docx] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.docx] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.doc] Text
BAB I PENDAHULUAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[thumbnail of BAB II KAJIAN PUSTAKA.docx] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[thumbnail of BAB III METODE PENELITIAN.docx] Text
BAB III METODE PENELITIAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[thumbnail of BAB IV HASIL PENELITIAN.docx] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[thumbnail of BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.docx] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.docx] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK

Desi Susanti, 2018. Pengaruh Project Method Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MTs. Darul Muhajirin Pekalangan Tenggarang Bondowoso.
Pembimbing : Dr. Musholli, M.A

Kata kunci : Project Method, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

MTs. Darul Muhajirin Pekalangan Tenggarang Bondowoso dilihat pada orientasinya yang lebih mementingkan pada penguasaan praktik dan keterampilan. Namun, sistem pembelajaran yang berlangsung masih menggunakan paradigma lama dimana pembelajaran berlangsung satu arah dan berpusat pada guru (teacher centered), sehingga motivasi belajar siswa rendah, siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dan prestasi belajar atau prestasi akademik yang dicapai juga belum memuaskan.
Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah: 1) Apakah ada pengaruh project method terhadap motivasi dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di MTs. Darul Muhajirin Pekalangan Tenggarang Bondowoso? 2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara project method terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di MTs. Darul Muhajirin Pekalangan Tenggarang Bondowoso? 3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara project method terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di MTs. Darul Muhajirin Pekalangan Tenggarang Bondowoso?
Jenis metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Hal ini dilakukan karena sesuai dengan survey yang dilakukan serta memerlukan ketajaman dan kecermatan dalam mengamati masalah yang diteliti. Disamping itu, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket. Selain itu untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya dilapangan, disini penulis sertakan beberapa tabel sebagai pelengkap data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dapat disimpulkan bahwasanya ada pengaruh yang sangat kuat antara pembelajaran project method dengan motivasi dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di MTs. Darul Muhajirin Pekalangan Tenggarang Bondowoso. 2) Ada pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran dengan menggunakan project method terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di MTs. Darul Muhajirin Pekalangan Tenggarang Bondowoso. 3) Ada pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran dengan menggunakan project method terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di MTs. Darul Muhajirin Pekalangan Tenggarang Bondowoso.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lilip SP3
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:57
Last Modified: 17 Jul 2024 03:43
URI: https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item View Item