DHAIFI, AHMAD (2023) PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM MASKUNING KULON PUJER BONDOWOSO TAHUN 2018. Masters thesis, UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON.
Text
SAMPUL DALAM.docx Download (21kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
BAB I.rtf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
BAB II REVISI.rtf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
Text
BAB III REVISI.rtf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
|
Text
BAB IV REVISI.rtf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
|
Text
BAB V.rtf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text (Plain text conversion conversion from text to text/plain)
DAFTAR ISI.txt Restricted to Repository staff only Download (3kB) |
Abstract
Ahmad Dhaifi, 2018. Pendidikan Holistik Dalam Mengembangkan Potensi Santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Maskuning Kulon Pujer Bondowoso Tahun 2018. Tesis. Prodi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Pembimbing : Sugiono, Ph.D.
Kata Kunci : Pendidikan Holistik Dalam Mengembangkan Potensi Santri.
Diantara sistem pendidikan modern pesantren adalah “pedidikan holistik”. Pendidikan holistik merupakan suatu filsafat pendidikan yang berangkat dari pemikiran bahwa pada dasarnya seorang individu dapat menemukan identitas makna dan tujuan hidup melalui hubungannya dengan masyarakat. Lingkungan alam, dan nilai-nilai spritual. Melalui pendidikan holistik, peserta didik di harapakan dapat menjadi dirinya sendiri (learning to be). Setiap manusia pasti memiliki yang namanya potensi dasar. Potensi dasar manusia adalah benih-benih yang dimiliki oleh manusia sejak lahir, bahkan sejak dalam kandungan ibunya.
Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan adalah Bagaimana implementasi pendidikan holistik dalam mengembangkan potensi santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Maskuning Kulon Pujer Bondowoso Tahun 2018 dan Apa faktor pendukung dan penghambatnya?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena dimaksudkan untuk menemukan hasil penelitian yang lebih mendalam. Adapun data penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling atau ditentukan sebelumnya siapa saja informan yang akan diwawancarai. Sedangkan proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep dari Miles dan Huberman, yaitu menggunakan analisis interaktif.
Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa pendidikan holistik yang ada di Pondok Pesantren Miftahul Ulum mempunyai dua indikator, yaitu; Pendidikan nilai dan Pendidikan yang utuh. Pengembangan potensi santri dengan pendidikan holistik yang diterapkan memberikan dua sumbangsih besar terhadap pengembangan potensi santri, yaitu pengembangan potesi keterampilan santri dan pengembangan potensi akademik santri.
Adapun faktor pendukung pendidikan holistik dalam mengembangkan potensi santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Maskuning Kulon Pujer Bondowoso adalah sarana prasarana yang cukup, fasilitas pembelajaran yang memadai dan tenaga pengajar yang kompeten (profesional). Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, kurang memadainya pemanfaatan sarana prasarana dan rendahnya himmah atau kemauan santri dalam mengembangkan potensinya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lilip SP3 |
Date Deposited: | 21 May 2023 07:24 |
Last Modified: | 13 Jul 2024 02:31 |
URI: | https://repository.unuja.ac.id/id/eprint/706 |
Actions (login required)
View Item |